Sabtu, 09 April 2011

INI TENTANG SOEKARNO

Saat itu aku melihat cuplikan di televisi tentang sosok yang begitu fenomenal bagiku, Soekarno! cuplikan itu membuatku berpikir kembali, mencoba membayangkan bagaimana seorang Soekarno bisa begitu berjaya di masanya. Tidak hanya berjaya karena memiliki kekuasaan, tapi berjaya karena mendapatkan dukungan penuh dari rakyat Indonesia.

Akupun mencoba menyimak cuplikan ini dengan seksama, dan aku dibuat terkagum-kagum dengan satu hal yang mungkin bagi sebagian orang sederhana. Tak banyak buku yang kubaca tentang Soekarno, jadi aku tak begitu tahu detail kehidupan beliau, sepak terjang beliau, sebelum dan setelah menjabat sebagai presiden  Republik Indonesia yang pertama, namun satu hal sederhana yang kumaksud ini benar-benar membuat pikiranku terbuka...

"Soekarno benar-benar memiliki jiwa seorang pemimpin"

Aku melihat cuplikan tepat disaat presiden RI pertama itu berpidato didepan ribuan rakyat Indonesia. Pidato saat itu berisi kemarahannya yang sangat besar kepada organisasi PBB (masalah apa tepatnya saya tidak bisa ungkapkan karena bagi saya belum jelas duduk perkaranya). Insya Allah jika ada sumber terpercaya akan saya ungkapkan kembali.

Dengan keadaan seperti itu, dalam situasi yang penuh dilema, dan dalam konteks Indonesia yang baru berusia seumur jagung, dengan lantang dan penuh penekanan Soekarno mengatakan didepan ribuan rakyat Indonesia


"Indonesia menyatakan keluar dari PBB"
Wah... pikirku ini sesuatu yang luar biasa, Indonesia yang posisinya saat itu sebagai Negara yang baru memproklamirkan kemerdekaannya, berani menyatakan diri keluar dari PBB, yang sama artinya keluar dari organisasi terbesar yang menaungi seluruh Negara di dunia.

Ini GILA!!! Ini AMAZING!!! 

Dan ini dilakukan tanpa rasa gentar sedikitpun oleh seorang Soekarno dengan dukungan penuh dari rakyat Indonesia.

Dan mari kita bandingkan dengan situasi saat ini
(Lagi-lagi ini masih subjektif, hanya dari kacamata saya pribadi sebagai rakyat Indonesia)
kunjungan Obama-presiden Amerika Serikat itu-ke Indonesia, mendapat sambutan yang luar biasa.
Seluruh aparat keamanan disiapkan, bahkan sejak berbulan-bulan sebelumnya, untuk menjaga keamanan sang orang nomor 1 Amerika serikat itu, padahal kunjungannya ke Indonesia kurang dari 24 jam di Negara kita ini. Dan hasil kunjungannya hanyalah basa-basi absolut, yang seolah Amerika dan Indonesia akan menjalin hubungan baik dalam segala bidang, mereka menamakannya sebagai "KERJASAMA KOMPREHENSIF" yah... kira-kira seperti inilah mereka menyebutnya.

Mereka berdua, RI I dan AS I, menandatangani perjanjian itu seolah itu adalah sesuatu yang sangat penting padahal (lagi-lagi ini masih dalam kacamataku sebagai seorang awam), tak ada yang istimewa, tak ada yang penting dari sebuah perjanjian absolut seperti ini.

Bagaimana aku tidak memandangnya sebagai omong kosong...
Bukankah selama ini Amerika dan Negaraku Indonesia, memang telah terlibat kerjasama dalam segala bidang??
Lantas??

Dan setelah kupikir-pikir semua kerjasama kita dengan Negara adikuasa itu hanya menguntungkan mereka, kita tak mendapatkan keuntungan yang layak...

Hmm... kembali ke perkara Soekarno...
kita masih dalam pusaran perbandingan (meskipun di Jaman yang jelas berbeda)

Apakah masih bisa kita temukan sosok pemimpin seperti itu? 
pemimpin yang sebenar-benar pemimpin.

aku bukan fans fanatic Soekarno, hanya seseorang yang baru menyadari betapa beruntung di jaman itu kita memiliki sosok pemimpin seperti Soekarno.

Pasti akan ada sosok yang disegani seperti Soekarno, sautu hari nanti Indonesia akan kembali menemukan TARINGnya yang sempat hilang


Aku PERCAYA!!!

3 komentar:

Anonim mengatakan...

SEMANGAT. teruslah menulis

dewista mengatakan...

sosok yang fenomenal. tapi disegani diseantero jagad. salam kenal sahabat bloger.

Anonim mengatakan...

awal yang baik

 

Free Blog Templates

Blog Tricks

Easy Blog Tricks

Great Morning ©  Copyright by SECRET'S BOOK | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks